Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Melakukan Diet

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Melakukan Diet

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Melakukan Diet

Menurunkan berat badan dengan Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Melakukan Diet, bukan berarti tidak boleh makan sama sekali atau dengan diet ketat atau diet ekstrem, yang akan beresiko terhadap gangguan kesehatan. Walaupun dengan berusaha, diet yang tidak sehat juga tidak akan membuat perubahan yang signifikan. Untuk menjaga kestabilan berat badan ideal dalam jangka waktu yang panjang cobalah menerapkan gaya hidup sehat.

1. Menentukan Target
Dalam menentukan target harus realistis sebelum diet dan selama diet berlangsung. Jangan terlalu terobsesi untuk menurunkan berat badan secara cepat. Misalnya target 1 kg seminggu sudah cukup. Ingat untuk menetapkan juga target-target kecil seperti, tidak makan gorengan, tidak makan makanan fast food (junk food), dan sebagainya.

2. Berpikiran optimis
Selain menentukan target, harus kontrol pikiran untuk menguruskan badan. Berpikirlah positif dan optimis bahwa akan bisa menjadi kurus. Jangan membayangkan makanan-makanan penggagal diet selama diet berlangsung.

3. Aktif bergerak
Aktif bergerak.

4. Konsumsi makanan kaya serat
Jenis-jenis makanan yang mengandung banyak serat adalah pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung,kacang polong, alpukat, pisang, dan beras merah.

Manfaat makanan kaya serat antara lain :
Memperlambat penyerapan glukosa
Menurunkan kolesterol tinggi
Membantu menurunkan berat badan
Mengendalikan gula darah
Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah
Membersihkan saluran pencernaan
Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh

5. Perbanyak frekuensi makan, kurangi porsi makan
Kebanyakan orang mengira bahwa dengan mengurangi frekuensi makan besar dalam sehari akan membantu mengurangi berat badan. Tapi nyatanya, anggapan ini salah. Orang makan dengan porsi besar meski hanya sekali malah akan menambah masalah baru. Cukup dengan cara mengurangi porsi makan, seperti makan 3 sendok makan nasi dan lauknya namun tetap pada frekuensi yang sama atau lebih sering. Jadi tetaplah dengan makan 3 kali sehari namun dengan porsi kecil.

6. Hindari makan lebih dari jam 6 sore
Sarapan membutuhkan porsi makan yang lebih banyak sebagai asupan energi kita selama seharian penuh, begitu pula dengan makan siang. Maka porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan. Begitu juga dengan makan malam. Karena pada malam hari, sudah tidak ada aktivitas lagi, tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi. Nasi bisa diganti dengan sebuah apel. Atau jika memang ingin makan malam, jangan langsung pergi tidur setelah makan.

7. Minum air jeruk nipis di pagi hari
Banyak manfaat pada jeruk nipis yang memiliki nilai positif bagi kesehatan. Bila meminum segelas air jeruk nipis hangat selama masa diet, akan mampu untuk membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini berfungsi untuk menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga akan menurunkan berat badan.

8. Hindari snack dengan kandungan gula tinggi
Jangan mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Bacalah tabel gizi yang tertera pada setiap kemasan snack yang hendak makan atau minum.

Jika mengonsumsi secara berlebihan makanan yang mengandung gula, akan rentan dengan risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan makanan manis, obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya. Jangan pula minum minuman yang bersoda karena minuman bersoda mengandung kadar gula yang sangat tinggi.

9. Perbanyak minum air mineral
Air mineral penting dan bermanfaat bagi tubuh. Banyak minum Air mineral akan membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membantu untuk membuang racun yang ada dalam tubuh, menjadikan kulit menjadi lembut dan cerah, dan membantu meningkatkan kinerja otak. Di samping manfaat-manfaat tersebut, air mineral juga dapat menurunkan berat badan. Sebelum makan minumlah satu gelas air mineral, sehingga merasa kenyang, akibatnya porsi makan akan berkurang.

Meskipun Diet alami dan sehat tidak terlalu keras dan menyiksa, Namun tetap saja membutuhkan komitmen yang tinggi agar berat badan dapat turun secara berkala dan memiliki efek jangka lama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares

Pesan WA KLIK DISINI